Rabu, 10 Agustus 2011

deskripsi kerja manager marketing

1.      IDENTITAS JABATAN


NAMA JABATAN                : MANAGER MARKETING
BAGIAN ORGANISASI      : DEPARTEMEN MARKETING
ATASAN LANGSUNG        : DIREKTUR OPERASIONAL
(Bertanggung jawab kepada)
BAWAHAN                           :   1. Asisten Manager Marketing
2.    Ka. Bagian Marketing

II.   SASARAN TUGAS

1.      Terciptanya peningkatan penjualan perusahaan melalui strategi penjualan yang efektif dan efisien.

2.      Tercapainya target penjualan sesuai kebijakan pemasaran yang telah disusun.

3.      Terciptanya hubungan yang baik dengan pelanggan.


III.   URAIAN TUGAS

A.    TUGAS PERENCANAAN
1.        Melakukan perencanaan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan sumber daya perusahaan.
2.        Merencanakan marketing research yaitu dengan mengikuti perkembangan pasar, terutama terhadap produk yang sejenis dari perusahaan pesaing.
3.        Melakukan perencanaan analisis peluang pasar.
4.        Melakukan perencanaan tindakan antisipatif dalam menghadapi penurunan order.
5.        Menyusun perencanaan arah kebijakan pemasaran.
6.        Melakukan identifikasi dan meramalkan peluang pasar.
7.        Merencanakan pengembangan jaringan pemasaran.

B.       TUGAS PELAKSANAAN
1.        Memimpin seluruh jajaran Departemen Marketing sehingga tercipta tingkat efisiensi, efektivitas, dan produktivitas setinggi mungkin.
2.        Menciptakan, menumbuhkan, dan memelihara kerja sama yang baik dengan konsumen.
3.        Merumuskan target penjualan.
4.        Merumuskan standard harga jual dengan koordinasi bersama Direktur Operasional serta Departemen terkait.
5.        Menanggapi permasalahan terkait keluhan pelanggan jika tidak mampu ditangani oleh bawahan.
6.        Mengesahkan Prosedur dan Instruksi Kerja di Departemen Marketing.
7.        Melakukan pengendalian terhadap rencana-rencana yang sudah disusun untuk menjamin bahwa sasaran  yang  ditetapkan dapat terwujud, misalnya : volume penjualan dan tingkat keuntungan.
8.        Melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi penurunan order.
9.        Memberikan persetujuan kredit pelanggan dalam batas – batas yang wajar.
10.    Melakukan demarketing jika terjadi overload produksi.
11.    Melakukan analisa pelanggan yang mengalami kecenderungan kredit macet.
12.    Melakukan analisa perilaku pasar / konsumen sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pemasaran.
13.    Melakukan analisa Peraturan Pemerintah berkenaan dengan tata niaga kertas sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pemasaran.
14.    Melakukan penilaian karya kepada Kepala Bagian Marketing.
15.    Memantau potensi bawahan untuk dilakukan pembinaan sehingga menjadi lebih baik.
16.    Melakukan tugas – tugas lain yang ditetapkan oleh atasan sehubungan dengan fungsi di Departemen Marketing.

C.       TUGAS PENGAWASAN
1.        Melakukan pengawasan efisiensi dan efektivitas strategi pemasaran yang telah ditetapkan.
2.        Melakukan pengawasan efisiensi dan efektivitas kegiatan kerja di Departemen Marketing.

IV.    TANGGUNG JAWAB

1.      Bertanggung jawab terhadap strategi pemasaran yang telah disusun.
2.      Bertanggung jawab atas efisiensi dan efektivitas kerja di Departemen Marketing.
3.      Bertanggung jawab dalam membina hubungan baik dengan konsumen.
4.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Direktur Operasional.
5.      Bertanggung jawab atas konsistensi pelaksanaan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing dan melakukan analisa atas efisiensi prosedur tersebut.
6.      Bertanggung jawab atas kedisiplinan kerja bawahan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.

V.     WEWENANG TUGAS

1.      Berwenang merumuskan kebijakan pemasaran perusahaan.
2.      Berwenang untuk memutuskan harga jual hasil produksi.
3.      Pada kondisi tertentu, berwenang untuk menolak permintaan order dari konsumen.
4.      Berwenang untuk melakukan penyempurnaan pola kerja di Departemen Marketing.
5.      Berwenang untuk melakukan koreksi terhadap harga CN Kontrak apabila terjadi kesalahan.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. MAKASIH INFONYA, IJIN COPAS YA.. N LAM KENAL.

    BalasHapus
  3. Spesifikasi gak da ya..boleh di cantumkan gan

    BalasHapus
  4. How to get to the Borgata by Bus in Atlantic City
    The 보령 출장마사지 easiest way to get 강릉 출장안마 to Borgata by Bus is by bus. The 충주 출장안마 cheapest way to get to 김해 출장마사지 Borgata by Bus is by 김포 출장마사지 car.

    BalasHapus