Rabu, 10 Agustus 2011

deskripsi kerja Kepala Bagian Marketing

1.      IDENTITAS JABATAN


NAMA JABATAN                  : KEPALA BAGIAN MARKETING
BAGIAN ORGANISASI          : DEPARTEMEN MARKETING
ATASAN LANGSUNG                       : MARKETING MANAGER/ASIST. MARKETING
                                                       MANAGER
(Bertanggung jawab kepada)
BAWAHAN                            :  1. Seksi Hubungan Pelanggan
                                                   2. Seksi Administrasi Pemasaran
                                                   3. Seksi Ekspedisi

II.   SASARAN TUGAS

1.      Menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
2.      Menjalin hubungan dengan pelanggan khususnya dalam hal penanganan komplain, pengukuran kepuasan pelanggan.
3.      Menciptakan kenyamanan kerja karyawan perusahaan dengan mengoptimalkan fungsi kerja di Bagian Marketing.
4.      Menjalin hubungan, koordinasi dan kerja sama yang baik di dalam intern bagian Marketing maupun dengan Bagian lain terkait dengan kelancaran proses kerja di Bagian Marketing.
5.      Bertanggung jawab terhadap ketertiban, kelancaran, dan keakuratan data administrasi pemasaran.


III.   URAIAN TUGAS

TUGAS PERENCANAAN
1.      Melakukan perencanaan strategi pemasaran hasil produksi yang terpadu dan efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
2.      Menyusun perencanaan program kerja untuk jangka pendek dan jangka panjang dalam menunjang terlaksananya tujuan pemasaran.
3.      Merencanakan dan menganggarkan biaya pemasaran / marketing seefisien mungkin dengan koordinasi bersama atasan.
4.      Melakukan perencanaan prosedur kerja yang efektif di Bagian Marketing sehingga dapat mendukung perkembangan perusahaan.
5.      Melakukan perencanaan pengembangan dan alokasi sumber daya manusia di bagiannya, dengan melakukan koordinasi bersama Bagian lain yang terkait sehingga tercipta efisiensi sumber daya.

TUGAS PELAKSANAAN
1.      Melakukan koordinasi kerja dan pembagian / pendelegasian tugas serta tanggung jawab di lingkungan intern Bagian Marketing untuk menghasilkan pola kerja yang lebih baik.
2.      Melakukan koordinasi dengan Bagian lain untuk mendukung kelancaran proses kerja di perusahaan.
3.      Menjalin relasi dan kerja sama yang baik dengan konsumen / pelanggan.
4.      Melakukan analisa penerapan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing sebagai bahan evaluasi atas prosedur yang sudah ada.
5.      Melakukan analisa laporan kondisi dan situasi pasar beserta analisa pesaing.
6.      Menetapkan kalkulasi harga jual produksi sebagai patokan harga yang ditawarkan ke pasar / pelanggan.
7.      Menyusun Prosedur dan Instruksi Kerja untuk Bagian Marketing sehingga membantu kelancaran proses kerja di bagiannya.
8.      Menyampaikan laporan hasil kerja ke Marketing Manager untuk dilakukan evaluasi dan analisa.
9.      Melakukan koordinasi dengan Bagian PPIC dan Produksi sehubungan dengan perencanaan, proses dan hasil produksi.
10.  Melakukan koordinasi dengan Bagian terkait untuk mendukung kelancaran cara kerja di Bagian Marketing.
11.  Melakukan penilaian karya kepada para bawahan dengan memberikan pembinaan dan pengarahan kepada bawahan.
12.  Memantau potensi-potensi bawahan untuk dilakukan pembinaan sehingga menjadi lebih baik.
13.  Memeriksa dan / atau menandatangani dokumen-dokumen/formulir/data-data yang berkaitan dengan bidang tugas Bagian Marketing.
14.  Menjalankan tugas-tugas yang diminta oleh atasan sehubungan dengan fungsi kerja di Bagian Marketing.

TUGAS PENGAWASAN
1.      Melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap proses dan cara kerja di Bagian Marketing.
2.      Melakukan pengawasan di Bagian Marketing sehingga dapat bekerja sesuai dengan ketentuan perusahaan.
3.      Melakukan pengawasan dan pengendalian biaya pemasaran.
4.      Melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan kerja dan ketertiban bawahan baik yang bersifat operasional maupun administratif agar dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab personil Bagian Marketing.
5.      Mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di lingkungan kerja Bagian Marketing.
6.      Melaksanakan tugas-tugas lain yang diminta oleh atasan.
7.      Melakukan monitoring terhadap kelancaran proses pengiriman barang.

IV.    TANGGUNG JAWAB

1.      Bertanggung jawab terhadap kelancaran dan terlaksananya tujuan pemasaran sesuai strategi dan sasaran pemasaran yang ditetapkan.
2.      Bertanggung jawab atas segala kegiatan dan permasalahan yang terjadi dalam intern Bagian Marketing.
3.      Bertanggung jawab atas pengendalian biaya pemasaran.
4.      Bertanggung jawab terhadap hasil survey pengukuran kepuasan pelanggan.
5.      Bertanggung jawab atas konsistensi pelaksanaan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing dan melakukan analisa atas efisiensi prosedur tersebut.
6.      Bertanggung jawab atas pembinaan dan pengarahan kepada bawahan.
7.      Bertanggung jawab atas kedisiplinan kerja bawahan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.
8.      Bertanggung jawab atas kebenaran dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh Bagian Marketing.
9.      Bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Marketing Manager.

V.     WEWENANG TUGAS

1.      Berwenang memberikan usulan strategi pemasaran kepada Marketing Manager.
2.      Berwenang untuk mengembangkan pola kerja di Bagian Marketing dengan memperhatikan sumber daya yang ada.
3.      Berwenang untuk melakukan koordinasi dengan Bagian lain sehubungan dengan pelaksanaan fungsi kerja di Bagian Marketing.
4.      Berwenang untuk mengawasi dan mengontrol pelaksanaan tugas-tugas administratif dan operasional bawahan.
5.      Berwenang untuk menegur bawahan apabila melanggar tata tertib perusahaan.
6.      Berwenang untuk mengajukan promosi jabatan dan mutasi yang bersifat intern maupun ekstern, dengan melakukan koordinasi bersama Bagian Personalia.
7.      Berwenang mengajukan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di jajaran Marketing dengan melakukan koordinasi ke Bagian yang berwenang.
8.      Berwenang melakukan langkah-langkah tindak lanjut dan penyelesaian terhadap keluhan dari pelanggan.
9.      Berwenang mengajukan pendapat kepada Marketing Manager untuk menerima atau menolak permintaan order dari pelanggan.
10.  Berwenang untuk melakukan penghapusan Surat Jalan apabila terjadi pembatalan pengiriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar